Iklan

Terbaru


Sports


Home » , » Memanfaatkan Media Sosial untuk Memperkuat Personal Brand

Memanfaatkan Media Sosial untuk Memperkuat Personal Brand

iklan

Memanfaatkan Media Sosial untuk Memperkuat Personal Brand
MEDIA SOSIAL merupakan sarana yang baik untuk membangun dan memperkuat persona brand dan citra pribadi.

Membangun personal brand atau citra diri itu seperti merawat sebuah kebun. Sekali Anda menentukan bidang tanah tempat menanam benih, Anda akan terus mengembangkan tanah itu demi panen berlimpah.

Berikut ini cara membangun personal brand yang kuat dengan memanfaatkan media sosial seperti dikutip Tabloid Bintang.
1. Ketahui spesifikasi keahlian Anda
Personal brand Anda harus mencerminkan diri dan kelebihan Anda secara spesifik. Jayson Demers, pendiri dan pimpinan perusahaan pemasaran konten dan media sosial AudienceBloom sekaligus kontributor laman Inc.com mengatakan: 

“Sebelum mulai mengembangkan sebuah keahlian, Anda harus mengetahui secara pasti, di bidang apa Anda ingin dikenal. Dunia personal branding telah dibanjiri pengusaha yang kompetitif, jadi tidak cukup dengan memilih bidang yang umum seperti pemasaran atau sumber daya manusia. Lebih baik mengembangkan diri di bidang yang sangat spesifik. Dengan bidang yang fokus, Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengetahui apa yang Anda bicarakan.”
2. Bangun reputasi
Ketika Anda telah mengetahui di wilayah mana Anda ingin fokus, saatnya membangun reputasi. Salah satu caranya, menunjukkan keahlian Anda melalui media sosial. 

Pemasaran konten adalah cara terbaik untuk membangun citra dan reputasi secara daring; ketika orang mencari informasi, mereka cenderung mencari sumber yang paling membantu. 

Jika Anda bisa menjadi sumber tepercaya melalui konten yang Anda sajikan di internet, lama-kelamaan Anda akan dikenal sebagai ahli bidang spesifik Anda. Untuk mendukung akun media sosial Anda, mulailah menulis blog pribadi dan perbarui kontennya secara rutin.

3. Sempurnakan profil media sosial
Demers miengibaratkan, “Jika konten menjadi bahan bakar personal brand Anda, media sosial adalah mesinnya.” Luangkan waktu untuk menyempurnakan detail profil akun semua media sosial Anda. 

Pastikan semua akun konsisten dan sejalan dengan standar citra Anda. Perbarui secara rutin dan jangan khawatir mengunggah kembali konten-konten lama, siapa tahu berguna untuk pengikut-pengikut baru Anda.

4. Diskusikan kejadian terkini dan bangun studi kasus
Jika ingin memenangi hati para pengikut, sesekali buatlah konten berupa studi kasus terhadap kejadian-kejadian terkini, tentunya terkait profesi Anda. Kaitkanlah dengan pengalaman pribadi Anda, secara jujur. 

Orang lebih suka membaca kisah nyata ketimbang spekulasi, jadi buktikan apa yang Anda kuasai dengan memberikan studi kasus yang mudah dicerna. Anda juga perlu mendemonstrasikan kemampuan dan pengetahuan Anda sambil berinteraksi dengan audiens di media sosial secara aktif.

5. Network, network, network
Anda tak bisa hanya mengandalkan media sosial tanpa networking yang kuat. Di media sosial dan dunia nyata, kunci untuk memicu berkembangnya citra diri adalah networking atau membuat jaringan.

“Jalinlah hubungan dengan orang lain di bidang Anda, orang-orang berpengaruh yang memiliki banyak koneksi, dan siapa pun yang mungkin bisa memberi manfaat untuk Anda. Hadiri acara-acara profesional untuk menjumpai orang-orang berpengaruh di bidang Anda juga di dunia daring, ikut serta dalam diskusi komunitas kapan pun Anda bisa. Semakin banyak kesempatan untuk bertemu dan bicara dengan orang lain, lebih baik,” saran Demers.

Demikian Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Memperkuat Personal Brand.*

iklan

0 comments:

Post a Comment